Hujan Es Melanda Bandung dan Jabotabek

Hujan es mengguyur sejumlah kota di Jawa. Setelah Bekasi, hujan es  juga terjadi di Bandung, Jawa Barat. Di kota Bandung, hujan es terjadi pada pukul 13.15 WIB, Minggu (30/3/2008).

Awalnya hujan deras terjadi biasa saja. Namun tiba-tiba saja, tang, tung,  tang, tung, tang, suara sangat gaduh. Butiran-butiran benda keras menghantam  atap rumah.

Warga kota kembang pun panik. Mereka berhamburan keluar rumah untuk melihat apa yang terjadi. “Allahu akbar! Allahu akbar!” teriak ibu Apong, warga Batu Nunggal, Bandung Kidul. Ibu Apong sangat kaget dengan suara yang berasal dari atap rumahnya yang terbuat dari seng.

“Seperti dihujani peluru,” cerita ibu Apong. Di Bandung, butiran es yang jatuh berukuran sebesar kelereng bahkan ada yang lebih besar lagi, atau lebih besar dari 1 centi meter.

Suara gaduh akibat hujan es berlangsung sekitar 15 menit. Sekitar pukul 14.00 WIB, suara gaduh berhenti. Hujan memang masih deras, namun tidak lagi disertai es. Di Jalan Waas, Batu Nunggal, hujan mengakibatkan banjir hingga sedengkul.

Hujan es dalam ilmu meteorologi disebut juga hail. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat dingin di atmosfer pada lapisan di atas freezing level. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar. Karena ukurannya, walaupun telah turun ke aras yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat tidak semuanya mencair. Hujan es tidak hanya terjadi di negara sub-tropis, tapi bisa juga terjadi di daerah ekuator.

Proses lain yang dapat menyebabkan hujan adalah riming, dimana uap air lewat dingin tertarik ke permukaan benih-benih es. Karena terjadi pengembunan yang mendadak maka terjadilah es dengan ukuran yang besar.

 (detik.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: