Balai Diklat Tambang Bawah Tanah

Tunnel

Tahukah anda, bahwa di sebuah kota kecil di Sumatera Barat yaitu Sawahlunto ada sebuah lembaga Pendidikan dan Pelatihan khusus bidang tambang bawah tanah. Mungkin tidak banyak yang tahu hal tersebut. Padahal lembaga ini telah berdiri  sejak tahun 2002.

Balai Diklat Tambang Bawah Tanah adalah suatu instansi pemerintah di bawah Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral. Tujuan berdirinya lembaga ini adalah untuk mempersiapkan tenaga terampil bidang tambang bawah tanah di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, cadangan tambang yang dapat ditambang dengan metode tambang terbuka relatif terbatas. Sehingga suatu saat pasti habis dan mulai beralih ke tambang bawah tanah. Kelebihan tambang bawah tanah dibandingkan dengan tambang terbuka adalah relatif lebih ramah lingkungan. Sehingga kehadiran Balai Diklat Tambang Bawah Tanah adalah sangat tepat.

Untuk sementara ini instansi ini menyelenggarakan pendidikan pelatihan dengan gratis, hal ini dimungkinkan karena dibiayai oleh APBN. Jika anda tertarik atau menggeluti bidang tambang bawah tanah, tak ada salahnya anda menghubungi instansi ini.

(Redaksi)

Satu Tanggapan to “Balai Diklat Tambang Bawah Tanah”

  1. Daud D.Tuku Says:

    Pertambangan di indonesia adalah umumnya open pit. sehingga kerusakan lingkungan tidak bisa terhindarkan, sehingga inspeksi tambang. sangat dibutuhkan untuk bekerja sama dengan pengusaha untuk mengendalikan lingkungan tersebut dengan cara mengikuti tata cara penambangan yang lebih bagus. berwawasan lingkungan serta sangat diharuskan membuat ANDAL sebaik mungkin dan harus diikuti. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: